TV POLYTRON MINIMAX mati standby dengan gejala kerusakan yang tidak biasa .

Tadi siang saya mendapatkan panggilan servis tv, ternyata setelah datang ke TKP merk nya POLYTRON MINIMAX 20 inci type MX20323L dalam kondisi protek standby.

Dengan percaya diri di bukalah kabinet tv dan seperti biasanya solder ulang pada bagian-bagian yang panas seperti blok Vertikal, Horisontal dan blok Regulator Sekunder +14v sambil cek elko C505 1000u/25v & C507 47u/63v sering cepat kering di karenakan beban berat yang menyebabkan terproteknya kerja mesin tv.

Setelah selesai melakukan resolder dan pengecekan elko-elko yang mencurigakan, coba masuk pada tahap pengujian apakah mesin tv bisa hidup atau tidak ? Tancap kabel steker hidupkan mesin dan sambil ukur pada titik B+, jarum Voltmeter bisa menunjukan angka 110vdc namun kemudian turun kembali hingga 25vdc dan coba hidupkan dengan Remot Kontrol kembali tegangan B+ naik sebentar lalu turun, coba lagi tekan tombol CH+ hasilnya sama tetap standby dengan lampu led nyala terus.

Pengukuran beralihkan pada bagian Vcc +14v yang cabangnya ke Vcc +8v, +5v power dan +5v bagian If ic Croma. Saat pengukuran pada Vcc +8v ternyata hanya 5v saja, lepas jumperan jalur ke ic STV 2286H keluarlah 8v lalu pasang kembali jamperan, lepas pin 45 STV 2286H masuk 7v tapi naik secara perlahan,lepas pin 17 maka keluar 8v. Terlintas dalam pikiran mungkin ic stv... RUSAK !
Tapi hasil uji secara induksi pin-pin itu tidak menunjukan adanya gejala pin yang short ke ground karena posisinya memang berdampingan.

Sambil menerawang kejadian kasus yang sudah-sudah (flash back) sepertinya problem ini agak janggal dan tidak biasa pada gejala protek di tv POLYTRON umumnya, kalau ic STV 2286H tersebut mesti di vonis RUSAK.

Akhirnya minum kopi dulu untuk menetralisir racun protek dalam benak kepala pribados yang sekarang mulai botak, dan sambil bakar rokok yang memang telah di sediakan oleh tuan rumah. Dari hasil breaking sejenak dan tebakan, iseng-iseng cabut kabel out RGB ic Croma menuju modul Matrix RGB yang di tancap ke CRT dan kebetulan ada soketnya jadi tidak perlu melepas timah solderan untuk mengangkatnya.

Onkan cress.., mesin tv bisa hidup serta tidak protek lagi, jadi ketemulah si biangkerek penyebab mati protek dengan kondisi standby yaitu ada pada modul MATRIX RGB nya, adalah ic penguat STV 5111 yang kedapatan sudah setengah short pada input pin R ( merah ), dan coba ukur secara induksi semua pin input RGB dengan Ohmmeter x1 ternyata ada penyimpang jarak yang agak jauh bila di bandingkan dengan pin input G dan B, tanpa basa basi langsung saja ganti ic stv.. dan tv pun bisa nyala normal lagi.

Tidak di sangka penyakit protek standby kali ini penyebabnya bukan dari keringnya elko C505 1000u/25v dan C507 47u/63v tapi datangnya dari ic STV 5111.
Semoga bermanfaat.


Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.