Suara normal , gambar/raster gelap pada TV POLYTRON SLIM

Saat datang ke rumah konsumen , saya dapati tv Polytron U-Slim PS 52UV81 dalam keadaan suara normal tapi layar gelap gulita . Lalu buka casing belakang dan kembali di nyalakan , terlihat heater padam lantas ukur strum pada pin-pin CRT : heater , RGB dan Screen/G2 semuanya 0 volt . Mesin tv di balikan posisinya lalu onkan lagi cek strum B+ 115v busyeet dah ! Alangkah terkejutnya karna jarum tester pada selector 250vdc mentok keras hingga bergetar seketika tv di matikan lantas tr H out D5024 di cabut dan cek ternyata masih ok ! Onkan lagi tv cek strum B+ tetap over sedangkan titik kolektor terukur 115v setelah tr di lepas . Waah jadi mikir nih , apa gerangan yang terjadi ?dimana biangkeroknya ? Alaaah kok jadi buntu pikiran ? Coba iseng angkat elko c508 100u/160v & c807 47u/160v ternyata 0 kapasitas ! Lansung ganti elko 2 biji & cek ulang strum B+ hasilnya pas 115v , tancap tr hout....gambar langsung jreeng..! Rupanya elko-elko jaman sekarang punya kualitas rendah jadi geleng kepala dech..awal perkiraan fbt yang rusak taunya cuma elko . Syukurlah gajiannya bisa buat servis + ganti oli motor supaya lancar jalan-jalan .

Artikel Menarik Lainnya:



2 komentar:

Ali Baba 18 November 2016 21.51  

Ass wr wb met siang gan.mau tanya tv saya polytron type PLD 32D900.SUARANYA ADA NORMAL TAPI GAMBARNYA GELAP.PERSIS KAYA RADIO ADA SUARANYA NGGAK ADA GAMBARNYA.MOHON PETUNJUK ITU RUSAK APANYA YA GAN.MAKASIH SE BELUMNYA.

Ali Baba 18 November 2016 21.53  

LUPA GAN TVNYA POLYTRON LED/LCD.

Posting Komentar

Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.