Tv LG : layar gelap tapi suara normal dan cara menyuntik crt pin G2 short dengan G1

Berawal dapat orderan servis tv panggilan dari kecamatan sebelah, langsung meluncur dech...tancap gas sepeda motor dengan membawa peralatan yang telah di siapkan. ternyata setelah sampai di TKP yang di bilang nggak ada gambar tapi suara normal itu, tv nya merk LG model Slim. Maka pemeriksaan pun di mulai dengan membuka casing belakang, kemudian nyalakan tv untuk mencari tahu penyebab layar tidak bisa nyala, tampak ada getaran halus yang berasal dari FBT di sertai kilatan kecil di layar pertanda mesinnya bisa kerja dengan baik, dan terdengar suara dari siaran stasiun tv tertentu...tapi layar tetap gelap. Terlihat pula lampu filamen heater nyala, ada tegangan 180v untuk RGB, diteruskan ke katoda RGB normal semua dan terakhir cek tegangan Screen/G2 ternyata 0 volt, hmm.. ada apa gerangan ? Lalu matikan tv dan coba lepas modul Matrix RGB nyalakan lagi, cek strum G2 keluar 150v... langsung saja ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter selektor x1k, waah ternyata jarum meter bergerak, ini berarti pin G2 crt sudah short ke pin G1.

Gangguan short pin G2 ke G1 pada CRT Slim 21 seperti ini sering diketemukan, tegangan grid Sreen yang drop mengakibatkan layar menjadi gelap dan hanya suara saja yang normal, padahal usianya baru beberapa bulan saja berada di tangan konsumen dan tentunya membuatnya kecewa...

Agak mengherankan produk tv sekarang cepat sekali rusak jika dibandingkan dengan keluaran terdahulunya yang bisa bertahan di atas 5 tahunan. Baiklah terlepas dari itu semua saya akan mengatasi masalah ini dengan cara menembak pin G2,  dan supaya lebih yakin lagi kemudian cek ulang hubungan antar pin crt mulai dari kiri ke kanan atau searah jarum jam N.C / G1 / KG / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C. Tetap saja mendapati kenyataan bahwa G2 memang sudah short ke G1/ground. Untuk menguatkan keyakinan dan penyamakan persepsi, coba masuk ke gugel dan mudah-mudahan mendapati apa yang di cari. Ternyata ada pada blognya kang Aisy yang terkenal itu, setelah mendapat bekal yang cukup, saatnya untuk mempraktekan dan melakukan persiapan yaitu lepaskan kabel screen , kapasitor screen, kabel fokus disoket crt, serta ambil seutas kabel dan saklar on/off mekanik. Pertama-tama ujung kabel di solderkan ke titik Screen kaki soket crt dan ujung kabel yang lainnya di solderkan pula pada kaki saklar on/off mekanik sedangkan kabel fokus yang tadi sudah di lepas dari soket crt di solderkan pada kaki saklar on/ off yang satunya lagi . Tujuan pemakaian saklar on/off mekanik adalah sebagai putus-sambung aliran tegangan fokus. Tegangan fokus yang nantinya akan di suntikan ke titik Screen supaya grid G2 bisa terlepas dari grid G1.

Persiapan merakit alat tembak dadakan sudah selesai, karena pribados tidak punya alat tembak khusus crt !!

Untuk tahap pertama mencoba dengan menggunakan tegangan fokus dulu sebab tegangan fokus yang di hasilkan saat FBT bekerja bisa mencapai 500v ke atas jadi masih ideal untuk merontokan kotoran debu halus yang mungkin ada pada grid G2 atau grid G1, walau resiko tetap ada !

Setelah semuanya persiapan di rasa sudah cukup, tancap kembali soket RGB yang sudah terakit saklar on/off pada crt, cek ulang sekali lagi agar tidak ada yang terlewatkan dan tidak lupa pasangkan cermin di depan layar kemudian tarik nafas dalam-dalam. Tangan kiri standing di saklar tv sedangkan tangan kanan standing di saklar fokus...

Nyalakan tv, tunggu mesin star dengan sendirinya dan selang 2 detik kemudian aktifkan saklar fokus maka terlihat lah layar nyala samar atau buram namun perlahan raster bintik mulai tampak kasar, lalu segera matikan tv dan jangan biarkan terlalu lama grid G2 di aliri tegangan tinggi.

Dengan cepat pasang kembali kabel screen, fokus, kapasitor screen dan segera saja nyalakan lagi mesin tv, Alhamdulillah..raster langsung muncul ! Pasang cuk antena untuk tes gambar, wow hasilnya pun cling...cling...tanpa kendala.



Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.