Parameter Tv POLYTRON BOOSTER PICTURE

Parameter Tv POLYTRON PICTURE Booster


Parameter Tv Polytron Picture Booster type PN 20323MG pakai ic Croma STV2247/2286
Menemukan penyakit Tv jadul dengan gangguan raster dominan warna Biru dan bunyi suara speaker gemeresek yang sangat mengganggu kuping, mungkin sudah banyak di alami para Tuser. Kemarin sore pribados dapat panggilan servis sekaligus 3 unit Tv, sengaja pribados dokumentasikan hanya Tv Polytron keluaran awal tahun 2000 saja. Saat setiap di nyalakan muncul kilatan warna Biru redup lalu tampak raster dominan Biru.
Langsung saja oprek modul penguat RGB, namun hasilnya nihil. Penyakit tv tua begini agak menyusahkan karena di perkirakan Katoda CRT sudah pincang dan yang tampak gambar agak gelap gara-gara kehilangan warna Hijau. Sedikit tercenung melihat fenoma ini sebab harus dari mana dulu memulai pemeriksaan gangguan raster yang dominan Biru tapi warna Hijau menghilang.
Dalam kondisi badan yang sudah lelah karena ini garapan yang ke tiga kalinya, setelah menyelesaikan 2 garapan sebelumnya.
Di sela-sela mengutak-atik tv ini, sebenarnya ada perasaan yang mengganjal batin dan selalu bertanya-tanya dalam hati, kenapa tampilan logonya tertulis " OKEI " ? padahal pas di cek merk tv nya ternyata POLYTRON, hmm pasti ada yang salah dengan memorinya ? gerentes pribados. Walau semua canel ada siaranya, coba iseng-iseng program ulang pakai Menu Auto Search dan alangkah terkejutnya tak satu pun canel yang nyangkut tapi bisa tersimpan dengan baik menggunakan Fine Tuning
Langsung saja masuk ke servis mode, matikan Tv melalui Remot Kontrol dengan cara tekan tombol Power warna merah lalu tekan dan tahan tombol Menu sampai Tv menyala dan muncul 4 strip untuk membuka Factory Setting masukan angka 1013 dan adjust RGB, Vertikal dan Horisontal, untuk menyimpan tekan Menu maka akan muncul sekilas *stored* kemudian matikan dari Power Remot Kontrol, nyalakan lagi akhirnya berhasil juga menyeting warna seperti semula. Badan yang tadinya merasa lelah timbul spirit lagi dan bertambah semangat.
Di teruskan ke Parameter 1014, sekali lagi pribados terkejut karena option 0 ~ option 3 posisinya low alias nol semua begitu juga dengan yang lainnya kondisi zero, pantas saja logo berubah, di program Manual atau Auto tidak bisa ternyata data memory sudah Error.
Karena lupa atau tidak sempat mencatat Parameter saat menyervis tv Polytron Booster dulu, maka pribados cari di Gugel dan akhinya ketemu juga meski agak lama. Setelah dapat apa yang di cari, sekarang tinggal mengisikan kembali pada daftar ingatan tv. Cuma ada sedikit kendala di sebabkan Remot Kontrol bukan yang Original punya, melainkan Remot Kontrol Universal merk Joker 103
Untuk memperlancar proses Servis mode dalam mengubah factory, terlebih dulu pribados mencari kode Polytron secara Manual agar fungsinya mendekati peranan remot aslinya dan yang cocok kode remotnya adalah 2 5 3.
Remot
Petunjuk cara menggeser kursor pada Option digit yaitu pakai tombol Volume +/- sebelah kiri yang di tandai kedipan kursnr digital 0-o maksudnya kursor berkedip bersamaan dengan angka 0 (nol) jadi membesar dan mengecil, sedangkan untuk mengubah angka 0/low menjadi 1/high cukup tekan tombol Canel +/- di sebelah kanan. Soal ada bunyi gemeresek asalnya dari membran speaker yang sudah robek, solusinya ganti Loud Speaker dengan yang baru
Opt

Parameter 1013
H-SIHFT    14

APR    7

G-DC    21

R-DC    29

B-GAIN    50

G-GAIN    30

R-GAIN    36

B-CUT    60

G-CUT   60

R-CUT    60

V-AMPL    32

V-SHIFT    6

Parameter 1014
OPTION0    01011011

OPTION1    10001110

0PTION2    11000011

OPTION3    00001100

BASS MIX    0

AVL ADJ    0

FILTER NTSC    0

SECAM FILTER  :  0

Y DELAY    STAND

AGC    14

IF Coarse    6

IF FINE    152


Sumber factory 1014 di comot dari http://jhonandra.blogspot.com

Setelah selesai mengedit Factory 1014 kemudian matikan Tv dan coba Onkan lagi, sekarang logo sudah berubah menjadi POLYTRON kembali, lalu program ulang pakai Auto Search..hasilnya sungguh memuaskan !


Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.