Tv SHARP gejala mati protek dan cara membuka pusat protek


TV SHARP MATI PROTEK


Pekerjaan servis tv kali ini cukup melelahkan dan sekaligus membahagiakan, fenomena ini menjadi cambuk buat pribados selaku Penulis dan Tuser untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama apalagi ini pengalaman pertama mengutak-atik tv SHARP yang tersohor dengan sistem protek kualitas jempolan. Walau sering servis Tv SHARP kebanyakan yang bermasalah part Ic Vertikal, Transistor H out, Tuner, Yoke Defleksi, FBT, STR Regulator dan Tr. RGB, Vcc 5V tr C1815/A1015 dan lain-lain.
Kisahnya begini: bermula dari cerita teman bahwa tetangganya punya Tv yang nggak bisa hidup hanya lampu mata kucingnya aja yang nyala, ok. lah saya menyanggupi untuk hadir ke TKP ! Setelah kami datang ke tempat yang dituju ternyata di sambut gembira oleh tuan rumah dan tanpa ditanya beliau langsung mengeluarkan keluh kesahnya, maklumlah seorang ibu sang pemilik tersangka yaitu Tv SHARP WONDER 20W20 dengan gejala bisa start, muncul raster sebentar lalu protek.
Sharpwondr
Selanjutnya sayapun mencoba untuk menyidik si tersangka dan mencari tahu apa gerangan yang terjadi. Pertama tentu saja harus di buka dulu penutup belakang kemudian merayunya dengan menyolder semua blok yang di curigai dari Vertikal, Horisontal dan Neng Icy yang selalu Singel namun tanpa membawa hasil apalagi semua part terlihat mulus.. Kemudian dengan sedikit menggertak coba angkat jumper 223 dekat pin 64 ternyata Tv mau nyala dan bersuara, dengan berbekal info itu maka pribados meneruskan penyidikan pada kerabatnya sebagai saksi yang meringankan.
Dengan menggunakan alat pendeteksi kebohongan yaitu AVO meter, satu persatu membuka dioda-dioda sensor protek pun di mulai dan saya awali dengan membuka sensor tegangan Ic Vertikal D502 di teruskan sensor tegangan Ic

Audio D503, D504 lalu sensor tegangan Vcc

5V D752, sensor tegangan 8V D609, sensor tegangan ABL D606, sensor tegangan 185V D613 dan sampailah pada sensor tegangan Heater D614 atau biasa di kenal dengan X-ray

Protection, Tv tetap bungkam seperti awal pemeriksaan. Waakh.., sampai di sini semangat jadi mulai turun karena tips dari Pujangga Elektronik kang Aisy Romadona belum juga membuahkan hasil yang di harapkan, termenung beberapa lama sambil membolak-balik halaman Data Sheet yang ada di buku besar Eyang Gugel serta menghisap rongkok dan menyeruput kopi. tapi tak jua di ketemukan kasus yang sedang saya dalami ini.

Rupanya masalah ini menjadi teka-teki yang harus segera di pecahkan bagi pribados, lama berpikir muncul rasa penasaran dengan jumper 223 sebagai Protek Utama dan hubungannya dengan dioda-dioda sensor D502, D503, D504, D752, D606, D609, D613 dan D614, setelah di telusuri ternyata semua dioda sensor bermuara pada Q603 transistor smd. Barulah ada titik terang kembali, apabila mencabut R613 10kΩ sama hal nya dengan mengangkat jumper 223, baiknya tes dengan membuka dioda zener D607 22V Tv bisa hidup lalu ukur tegangan ada 17v, lalu pasang kembali zener dan langsung ganti tr smd tes ulang hasilnya 30 menit Tv bisa nyala normal, karena merasa sudah berhasil menemukan biangkereknya maka Tv pun di tutup. Tapii... saat coba di Onkan lagi Tv nya kembali Protek .
Sebetulnya ibu pemilik tv sudah tertawa girang karena Tv sudah bisa di tonton lagi bahkan anak-anaknya mulai rebutan remot karena ingin sekali nonton acara favoritnya tapi semuanya kembali lemas..,termasuk yang nyervisnya juga he..he.. Sampai terlontar secara spontan dari mulut si ibu.,, mungkin alat yang kayak kutu kampret itu bang..yang nggak kuat kali..? Ya mungkin aja bu, saya mau kasi yang gedean dach. jawab pribados sambil lirik-lirik bangke mesin tv Sharp yang sudah acak adul. Maka sebagai gantinya di pasang transistor C1815, Tv pun kembali nyala,
Di sinilah kesalahan yang bermakna karena penasaran dengan rangkaian sistem Protektor, iseng mau tahu berapa volt di titik D610/RJ12 ternyata ada 12v alaa.. m@k ! mendadak Tv yang sedang nyala langsung jadi protek lagi tapi itu belum pribados sadari lalu Onkan Tv dan normal kembali, nah.., sekarang ketika sedang asyiknya nonton/tes sekitar 10 menitan tiba-tiba layar berkedip 2 x walau lampu led masih nyala hijau Tv langsung protek, lampu led pun merah lagi. Terpaksalah ubek lagi sekitar Q603, kedapatan dioda D607 short dikit di ukur pakai Ohm meter selektor 10k karena tidak ada stok DZ 22V jadinya di ganti dengan DZ 33V karena mengacu pada D610 pakai DZ 24v yang memonitor tegangan 12v lalu Onkan Tv dan normal lagi, berhubung masih penasaran saat Tv hidup cek tegangan di titik C603 1u/50v, pas ujung probe merah AVO meter menyentuh titik positif elko terdengar bunyi pelan tek-tek layar berkedip 2 x pula langsung protek lagi. Akibatnya kali ini setiap di Onkan selalu mati protek yaa seperti awal pertama datang.
Ternyata apabila D610 yang di ukur D607 jadi korban dan begitu juga sebaliknya kalau yang di ukur D607 maka D610 langsung short, mungkin area protek ini sangat sensitif jadi saat hendak di ukur tegangan yang ada pada ke 2 dioda zener akan mengalami sedikit penurunan voltase sehingga membuat Protektor aktif. Akhirnya tanpa membuang waktu D607, D610 ganti dengan DZ 33v dan transistor C1815 di ganti dengan type sama dan sekarang setelah di tes ulang lebih dari satu setengah jam Tv di hidupkan tidak mengalami gangguan lagi. Coba on-off kan berkali-kali sudah tidak protek.
Daftar part aktif
  • Transistor H out D2586
  • Ic Vertikal TDA8357J
  • Ic EEPROM 24C04
  • Ic Tone LA7016
  • Ic suara TDA7056A
  • Single Ic TDA9381PS/N1/150312
  • FBT F0194 PEN1-SA
  • YOKE 6150Z-1011Y


Artikel Menarik Lainnya:



20 komentar:

Oktora Service 23 November 2014 08.12  

Joss... Gan .... Tambah wawasan gue

arif rncomp 14 Desember 2014 16.59  

Numpang tanya gan sharp piccolo ane cuma bisa dapat satu chanell saya coba tv kaka memakai anten yang sama dan merk tv sharp juga ternyata bisa semua chanell.klau data2 servis mode to apa aja yang di seting

Eko sispriono 13 Februari 2015 05.57  

ini juga Gan,sharp ic singel TDA9381PA mati protek...mohon solusinya

Ruslan Doank 3 April 2015 06.50  

Kang pribados mau naros hehe
sama merk n tipe nya
cuma ini gejalanya tegangan 115 nya kadang2 ada kadang2 ngedrop jd led nya kedip tp klo power on of di tekan berulang ulang tv baru on ? Kira2 apa nya kang

madun perdana 24 Mei 2015 23.15  

mungkin ada kesamaan dengan kasus anda,coba kunjungi disini ya,,
http://madunelektro.blogspot.com/2013/05/protec-tv-sharp-q-vision-20s20.html

sutrisno chanels 3 November 2015 22.45  

Purnama Elektronik
Gejala tv saya ... pasdinyalakan lampunya merah kan beberapa detik kuning terus malah kembali merah , bukanya kuning trus nyala kanyak biasanya . coba pakai remot/tombol CH malah enggak bisa , kenapa ya Pak ?

sutrisno chanels 3 November 2015 22.45  

Purnama Elektronik
Gejala tv saya ... pasdinyalakan lampunya merah kan beberapa detik kuning terus malah kembali merah , bukanya kuning trus nyala kanyak biasanya . coba pakai remot/tombol CH malah enggak bisa , kenapa ya Pak ?

Tips Service 4 November 2015 00.43  

TV nya protect itu.. bisa pakai tips kaya admin diatas. Atau coba buka Kumpulan tips service TV

Sutono Laras 4 Juni 2016 23.14  

saya baca sampe ketawa sendirian, boleh juga penulis dan tukang serpis nih, jadi ingat pengalaman saya sendiri

zetpe elektronic 22 September 2016 02.44  

Mantab.. sangat bermanfaat.

Firman Wel Bon 25 Januari 2017 02.37  

Terimakasih postingannya Bro, sangat membantu pekerjaan dan insyaAllah mendapatkan berkah.... amiiin

tokoelektro 3 April 2017 10.30  

TV SHARP memang paling terkenal dengan sistem proteksinya, buat referensi bisa juga coba buka daftar kerusakan tv sharp

prayitno ms 9 Mei 2017 04.38  

Mas...aku pioneer GM-41A,stereo mian amplifier....elconya mau jebol(bagian atas udah menggelembung),lalu aku tes negatif sama positif bolak balik avo menuju full ke kanan,aku tes dioda d607ya sama,full kanan...apa kira² diodanya yg jebol ya???trims

Duta Electronics 10 Mei 2017 00.05  

Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

Toko Elektronik Terlengkap

Jual Arduino Murah

Jual IC, Transistor, IGBT,
Distributor Komponen Elektronika Murah
Toko Elektronik Online Murah Jakarta
Jual Komponen Elektronika Tangerang

Muhamad Ayip 27 Mei 2017 19.38  

Bagus juga nih buat tambah wawasan masalah protex...Makasih gan,berbagi pengalaman.

Francine Fustoni 2 Juli 2017 07.20  

Terimakasih gan lumayan ilmunya, buat tambahan referensi bisa juga cek Cara Servis TV Sharp Protek

Shultan Wonk 25 Juli 2017 09.32  

Sampe nyeri rahang saya bca ktawa dlm hati...haaaa..
Sama diriku juga lg ngadepong cengcle dkat tv 1 minggu lom kelar juga dasar tv SHARAP mati stnby hijau merah lgi,,,tulungan euy...heee

Posting Komentar

Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.