Tv POLYTRON layar gelap di sertai suara denging panjang


Tv POLYTRON 14 inc Jadul gejalanya layar gelap disertai suara denging.


Sudah seringkali menangani servisan dengan kerusakan yang sama, kali ini tv POLYTRON SUMO 14 in jadul type tidak di ketahui karena stiker robek mempunyai gejala layar gelap gulita disertai suara denging berkepanjangan..
Setelah membuka tutup belakangan tampak mesin sudah kotor dan berantakan maklumlah tv ini sudah tua umurnya dan mungkin juga mengalami beberapa kali reparasi terbukti blok regulator sudah tidak asli lagi yang diganti dengan blok regulator gantung dari toko elektronik .
Bila mendapati tv bisa start tapi layar gelap dan terdengar suara denging panjang biasanya ada part ada bagian horisontal ada yang jebol, entah itu dari transistor h out, fbt, kapasitor damper atau yoke defleksi. Khusus untuk tv POLYTRON/DIGITEC jadul punya gejala klasik penyebabnya ada pada 3 bantalan karet yang basah dan mengakibatkan korosi/karat pada gulungan kawat email yang tentu saja efeknya fatal buat Yoke itu sendiri.
Bantal yoke
Melihat bantalan Yoke sudah basah dan kotor lalu coba ukur secara induksi dengan Ohmmeter selektor 10k pada bantalan karet warna hitam, jarum meter langsung melesat naik yang artinya bantalan karet sudah tidak layak pakai, dan langsung membuangnya. Lalu lepas modul Matrix RGB, Centring CRT dan Yoke Defleksi.
Nggaa yoke
Sudah jelas terlihat efek dari bantalan Yoke yang basah tadi dan telah menghanguskan gulungan kawat email, kondisi seperti itu tidaklah mungkin untuk bisa di reparasi lagi dan satu-satunya cara yaitu harus menggantinya dengan Yoke baru.
Kemudian pemeriksaan di alihkan ke penguat horisontal, cek transistor h out ternyata kondisinya sudah short, cek kapasitor damper C420 8n2j/2kv ~> OK dan secara kebetulan sekali, bapak yang punya tv ada ready stock entah dari mana? Maka dengan mudahnya melakukan pergantian Yoke dan transistor h out sekaligus, tapi sebelumnya melakukan resolder di blok vertikal dan horisontal lalu coba tes tegangan pada B+115vdc ~> OK, cek pada titik basis transistor h out ada sekitar 1,5vac.
Setelah selesai pemasangan Yoke dan transistor h out kemudian onkan dan tv pun bisa hidup, selang 15 detik keluar raster polos dominan warna hijau dengan garis-garis blangking putih dari atas sampai bawah
Lagi-lagi ganti part modul Matrix RGB satu blok sekaligus untuk menyingkat waktu karena kalau mencari kerusakan part yang benar-benar rusak maka akan banyak memakan waktu dan akhirnya tinggal tes ulang..
Kali ini layar sudah mulai ramah walau tampak kehijauan tapi tidak ada lagi garis-garis blangking putih memenuhi seluruh layar kemudian coba putar bolak-balik secara perlahan trimpot Screen FBT hasilnya raster bisa gelap dan terang, coba tekan tombol Menu di panel tv untuk mengecek display/OSD sekalian mengatur kualitas raster/gambar di layar serta mengecilkan kuat arus warna hijau pada trimpot G out di modul Matrix RGB supaya raster benar-benar uniform.
Seting raster sudah beres, tinggal menyisakan satu pekerjaan lagi yaitu ada garis hitam horisontal di bagian atas dan garis-garis tipis di bawah layar, apabila di cermati ternyata center vertikalnya yang tidak normal, dan untuk melihat reaksi V-CENT digeserlah S401 swicth V ke kiri atau kanan maka raster menjadi simetris artinya garis hitam horisontal antara atas dan bawah sama tebalnya kemudian melakukan adjustmen V-SIZE pada RT402 trimpot 101 akhirnya raster sudah full..dan gambar pun 99% OK . Tumben panggilan servis tv kali ini terasa ringan dan cepat beres karena stok part sudah tersedia semuanya tinggal mengeksekusi, biarin aja dapat upah kerja doang..tapi tak apalah karena masih ada yang menunggu di tempat lain lagi dan langsung chabouut..
Daftar part aktif :
  1. Ic Program ZILOG 2642 HB1-00-03
  2. Tr.hout D1877
  3. Ic Osilator TDA8362B
  4. Ic Vertikal TDA3653C
  5. Tr. Reg D1887
  6. Tuner TECC7989VA24T
  7. Yoke DSE-1422IL
  8. FBT FCM-14A032
  9. Ic suara TDA2003A
  10. Tr. RGB F422


Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.