Tv LG gejala raster gelap dengan garis-garis tipis horisontal 3 warna merah, hijau dan biru

Menurut info dari Empunya tv, awal dinyalakan gambar normal, suara ok, tapi ada garis-garis tipis horisontal 3 warna yaitu merah, hijau dan biru yang bertahan sekitar 3 menitan, lalu berubah menjadi raster hijau polos bergaris buku kemudian gelap berkepanjangan.
Untuk memastikan agar lebih yakin maka saya pun mengulang kembali kronologi gejala gangguan tv LG SOUNDMAX PLUS model CF-20G60, tv kembali dinyalakan.
3garis
Setelah mendapat gambaran dari hasil survei, mulailah mengeluarkan peralatan tempur dan buka tv. Pekerjaan pertama melakukan solder ulang semua mulai dari Ic singel, bagian Vertikal, Horisontal dan Regulator, tidak luput juga di Matrix Out RGB. Itu semua sudah merupakan rutinitas awal sebagai TUSER TV, setelah pekerjaan perdana beres kemudian nyalakan tv lagi eeh.. malah menjadi gelap doangan. Dengan sabar menunggu dan lumayan lama, akhirnya muncul juga raster hijau dengan garis buku lalu berubah gelap lagi disertai 3 warna garis tipis horintal dan 5 menit kemudian keluar gambar bahkan gambarnyapun sekarang menjadi berkedip terus menerus seperti kedipan layar monitor komputer saat di shoot kameramen stasiun tv.
3garis biru
Sempat terpikir kalau fbt error ? haah... masa.. sih fbt bisa error? seperti ic memory aja, mungkin karena seringnya mencoba tv di matikan kemudian di nyalakan lagi layar tetap gelap lalu melakukan action pada trimpot Screen FBT di putar naik-turun ternyata gambar cepat muncul walau masih berkedip dan trimpot screen coba naikan lagi sedikit hingga kecerahan melebihi ambang batas sampai tampak kelihatan garis blangking merah dan rastepun dominan merah pula maka gambarpun tidak berkedip lagi..walau menjadi tipis dan berkabut, trial gain matikan tv lalu onkan lagi langsung gambar keluar hanya saja jadi tidak nyaman di mata bila hendak menonton. Merasa tak puas hati dan tidak ingin berlama-lama dalam kegalauan, langsung joss bae lah.. ganti part yang dicurigai: elko B+ C820 220u/160v ternyata sudah lemah, elko RGB +185v C444 4,7u/250v, Ic301 Vertikal, C304 100u/50v (ada sedikit kotoran pada lubang kawat polaritas positif), C443 & C446 470u/25v dan Ic 901 Out RGB di babat semua tanpa ampun !
Setelah mengganti part ala serabutan dan memeriksa ulang polaritas elko-elko yang tadi, karena bila salah pasang kutub elko pastinya bisa meledak dan mengeluar bunyi sangat keras (mirip bunyi mercon). Saatnya tes hasil kerja dan tancaap steker,,, broer langsung dech byaarrr layar nyala tanpa cacat, sekarang gambarpun terlihat cling..


Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.