Cara Menambal Kabel FBT yang Bocor

Cara menambal kabel FBT yang Bocor
Lama tidak ngepost hasil kerja jadi kangen ney.. Mungkin kali ini pribados mau kasih sedikit tips tentang kabel FBT yang sering kedapatan bocor dan kalau bocornya sudah agak parah akan terdengar bunyi ledakan yang keras sehingga membuat takut si Empunya tv. Kebetulan kali ini dapat Job servis panggilan untuk menangani kerusakan tv cina merk ADVANCE 21 inci yang katanya unit tv tidak bisa menyala dan hanya lampu powernya berkedip kedip saja. Baiklah tidak ingin memperpanjang cerita karena efeknya juga tidak baik buat kesehatan jari jerami yang bila di paksakan bisa keriting.. Singkat kata setelah membuka kotak tv tampak kotoran dari semut yang menumpuk di Transistor Regulator dan Horisontal serta ada kapasitor berukuran kecil kondisi tinggal kakinya saja... Eiit masih ada satu lagi kop FBT sudah tampak layu/lembek dan robek.
Cek Tr. Regulator dan Horisontal untuk memastikan ke -2 transistor tersebut kondisi layak pakai lalu mulai membersihkan seluruh permukan mesin dan memeriksa kembali solderan yang mungkin sudah retak retak .
Setelah menguji mesin tv yang ternyata dalam keadaan baik baik saja dan semuanya di rasa aman terkendali, kapasitor kecil tidak di ganti karena lebar gambar sudah standar.. Kemudian pribados mengganti kop FBT yang telah kadaluarsa dengan kop yang masih Gress.
Koops
Kebetulan pribados punya kop dari FBT bekas merk SHARP dan masih ada kabelnya tanpa menunggu lama buang sedikit ke -2 ujung kulit kabel agar kelihatan kawat kabel tapi sebelumnya masukan dulu selongsong kabel kop FBT yang baik lalu di solder kawat FBT dengan rapih kemudian di olesi lem DEXTONE ( Plastic Steel / Epoxy ) 5 Minuties sampai rata kemudian tutup pakai selonsong kop dan ke -2 sisinya di lem ulang agar kelak setelah lem kering tidak terjadi kebocoran lagi.
Sambang
Tunggu lem kering sekitar setengah jam atau 1 jam di sesuaikan dengan keadaan lem itu sendiri dan saat nya tes hasil kerja, Jreng... Tv bisa nyala normal dan tidak terdengar lagi desiran dari FBT.!
Running tes selama 1 jam untuk memastikan lem benar benar tidak bocor dan sudah kering betul, kemudian sebelum tv di pasang tutup belakangnya maka kabel yang ter lem dengan baik itu di bungkus lagi pakai botol mineral bekas agar tidak terjadi kontak ground kembali..
Mineral
Semoga info tips kecil ini dapat bermanfaat khususnya buat para pemula saja, sedangkan bagi para senior boleh di tambahkan pengalamannya agar jadi sempurna lagi..

Artikel Menarik Lainnya:



Follow by Email

Label

Mengenai Saya

Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Saya orang biasa yang ingin mengenal blogger dan mengelola Purnama Elektronik Blogspot ini untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman dalam dunia reparasi TV, agar punya motivasi kuat untuk berkarya & menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berawal dari Hp N-70 lalu dikenalkan oleh teman tentang internetan via seluler dan bisa eksis sampai sekarang. Setiap artikel yang di posting selain untuk berbagi, di dedikasikan arsip kerja dari pengalaman dan dari narasumber lain sebagai pelengkap. Tidaklah menampik bila saatnya nanti memiliki sebuah perangkat Laptop tentunya jadi sangat baik karena proses pembelajaran akan mudah dan lancar.. Materi artikel apapun yang di posting di blog Purnama Elektronik ini, semata-mata hasil dari jerih payah pribadi yang tentunya banyak di support oleh teman, sahabat, kenalan dan para MASTER BLOGGER serta keluarga tercinta.